Selamat datang...
Beranda » Artikel Terbaru » Mengatasi Kebocoran dan Bau Tidak Sedap pada Clodi

Mengatasi Kebocoran dan Bau Tidak Sedap pada Clodi

Diposting pada 2 July 2012 oleh admin

Kebocoran

Popok kain modern (cloth diaper/nappy) yang masih baru harus dicuci beberapa kali sebelum dipakai, sebelum dapat benar-benar menyerap cairan dengan baik. Cobalah meneteskan sedikit air di atas popok dan insert, apakah air langsung terserap atau tergenang? Jika air masih tergenang, cuci kembali dengan sabun sampai bersih.

Jika kebocoran terjadi di sekitar paha, dimana bagian dalam popok tetap kering, kemungkinan besar hal ini disebabkan masih adanya lapisan finishing pada lapisan dalam popok. Cobalah meneteskan air seperti di atas.

Bagaimana jika clodi sudah dicuci berulang kali dan masih tidak dapat menyerap dengan baik? Jika demikian, kemungkinan terbesar adalah masalah sabun cuci. Periksa kembali apakah sabun cuci tersebut mengandung pelembut (softener). Pelembut melapisi serat kain dan menurunkan daya serap. Cobalah menggunakan sabun cuci dengan seikit busa (low sud detergent powder). Bunda juga bisa mengunakan sabun At***k tanpa pelembut (softener). Atau bisa juga menggunakan sabun cuci khusus baby.

Masalah juga dapat terjadi karena pembilasan yang kurang bersih sehingga masih ada sabun yang tersisa dalam serat kain.

Popok/diaper/nappy berbau tidak sedap

Popok kain modern (cloth diaper/nappy) seharusnya tidak boleh sampai berbau. Jika popok berbau sesaat setelah dipakai, biasanya karena adanya sisa sabun yang masih menempel. Ciumlah bau dari popok segera setalah dicuci atau dikeringkan, apakah berbau tidak sedap, atau jika popok segera menjadi bau pada saat pertama kali baby pipis, ini berarti pembilasan kurang bersih. Mungkin sisa sabun yang masih menempel pada serat kain, sisa-sisa pemakaian pelembut/softener, atau zat lain yang dipakai saat mencuci. Jika bunda mencuci dengan mesin cuci, pastikan jangan terlalu penuh (overload) supaya popok bisa dibilas dengan baik.

Pemecahan masalah

Jika hal-hal diatas terjadi, cobalah cara berikut: Penuhi ember dengan air hangat dan tambahkan sabun cuci piring. Kucek lapisan bagian dalam popok/diaper/nappy dengan tangan, atau sikat dengan sikat lembut untuk mencuci piring atau dengan sikat gigi. Balikan “kantung” (pocket) popok dan lakukan hal yang sama pada lapisan dalam popok. Bilas sampai air tidak berbusa. Untuk memastikan tidak ada sisa sabun, bunda bisa mencucinya kembali dalam mesin cuci tanpa sabun.

Bagikan informasi tentang Mengatasi Kebocoran dan Bau Tidak Sedap pada Clodi kepada teman atau kerabat Anda.

Mengatasi Kebocoran dan Bau Tidak Sedap pada Clodi | DiapersKain.Com

Komentar dinonaktifkan: Mengatasi Kebocoran dan Bau Tidak Sedap pada Clodi

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Temukan Kami

Our Community

Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan